The 93's

  Kali ini saya akan membahas tentang K3 106 seat favorit saya, keluarga 93... Keluarga K3-93 aslinya adalah K3 hasil rehab dari kereta angkatan 50an. Rehab dilakukan di INKA.Setelah rehab selesai,keluarlah K3-935xxR. K3 93 ini bagi saya spesial... Kenapa? K3 93 memiliki bentuk fisik yang berbeda-beda, entah dari jendela atau dari tinggi body.Selain itu, model ventilatornya juga berbeda-beda,meski sekarang ventilatornya dibuang,hanya menyisakan ventilator WC.K3 93 ini juga pelopor kursi full busa.Pelopor kursi busa sebenarnya K3 buatan INKA tahun1985,namun busanya hanya setengah kursi,sementara setengah sisanya triplek (populer disebut sebagai Kursi Perjuangan).Set K3 93 juga tidak dilengkapi dengan restorasi/pembangkit, alias murni K3. K3 93 biasanya menggunakan bogie K5, terutama K5 NT-11 yang trainmarknya D. Dahulu, K3 93 dilengkapi dengan kipas angin yang tertanam di plafon,namun akhirnya kipas angin ini dilepas. Salah satu KA yang pertama menggunakan K3 93 adalah Kutojaya Utara. Kutojaya yang waktu itu masih berstatus KA tambahan Lebaran 1993 menggunakan K3-935xxR yang kelasnya dikategorikan sebagai K3 plus.

Dari model jendela, K3 93 dibagi menjadi dua :

Model pertama, jendela belah biasa.
Model kedua, jendela dengan sudut membulat.
Kaca bulat... Foto : Iyus Lodaya

Selain itu, beberapa K3 93 juga memiliki body yang lebih tinggi dari kereta lainnya, contohnya :

K3 0 93 30 PWT
K3 0 93 30 semasa masih mengenakan livery lama. Foto : Andrew Oktavianes
Beberapa K3 93 mengenakan ventilator model Austria, dengan ciri khas ventilator berada di bagian tengah agak kepinggir dan memiliki ventilator wc yang kecil...

Ventilator model Austria... Fotonya mas Bima Budi Satria
Sementara beberapa lainnya menggunakan ventilator model Jepang...

Ventilator model Jepang, fotonya mas Bima Budi Satria
Namun sayangnya,ventilator-ventilatornya dicopot,menyisakan hanya ventilator wc saja....

Alokasi K3 0 93 :
K3 0 93 01 ex K3-93501 PWT
K3 0 93 02 ex K3-93502 KTA
K3 0 93 03 ex K3-93503 KTA
K3 0 93 04 ex K3-93504 KTA
K3 0 93 05 ex K3-93505 PWT
K3 0 93 06 ex K3-93507 PWT
K3 0 93 07 ex K3-93508 RK
K3 0 93 08 ex K3-93509 KTA
K3 0 93 09 ex K3-93510 MN
K3 0 93 10 ex K3-93511 RK
K3 0 93 11 ex K3-93512 RK
K3 0 93 12 ex K3-93513 KTA
K3 0 93 13 ex K3-93514 PWT
K3 0 93 14 ex K3-93515 KTA
K3 0 93 15 ex K3-93516 RK
K3 0 93 16 ex K3-93517 KTA
K3 0 93 17 ex K3-93518 RK
K3 0 93 18 ex K3-93520 RK
K3 0 93 19 ex K3-93521 YK
K3 0 93 20 ex K3-93522 YK
K3 0 93 21 ex K3-93523 PWT
K3 0 93 22 ex K3-93524 PWT
K3 0 93 23 ex K3-93525 PWT
K3 0 93 24 ex K3-93526 PWT
K3 0 93 25 (kosong)
K3 0 93 26 ex K3-93529 PWT
K3 0 93 27 ex K3-93530 JAKK
K3 0 93 28 ex K3-93531 PWT
K3 0 93 29 ex K3-93533 PWT
K3 0 93 30 ex K3-93534 PWT
K3 0 93 31 ex K3-93536 PWT
K3 0 93 32 ex K3-93537 YK
K3 0 93 33 ex K3-93551 YK
K3 0 93 34 ex K3-93558 SMC
K3 0 93 35 ex K3-93553 SMC
K3 0 93 36 ex K3-93554 SMC
K3 0 93 37 ex K3-93555 PWT
K3 0 93 38 ex K3-93556 PWT
K3 0 93 39 ex K3-93557 PWT
K3 0 93 40 ex K3-93558 PWT
K3 0 93 41 ex K3-93559 SLO
K3 0 93 42 ex K3-93560 SLO
K3 0 93 43 ex K3-93561 PWT
K3 0 93 44 ex K3-93701 PWT
K3 0 93 45 ex K3-93703 PWT

Namun sayangnya, ada beberapa unit yang afkir/konservasi... Diantaranya :
K3-93528R PWT -> PLH Langen, dirucat ditempat (meski bodynya bisa dibawa ke PWT)
K3-93519R MN   -> PLH Cirahayu, dirucat
K3-93505R MN   -> PLH Palur 2001, tunggu afkir
K3-93535R SLO  -> Terbakar di THB
K3-93527R SLO  

Begitulah cerita dari keluarga 93... Sampai jumpa di lain artikel...

2 comments:

  1. K3-935xx R menandai hilangnya bogie Pennsylvania

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Pak... Menghilangkan populasi K2 dalam jumlah besar... Menyisakan segelintir K3-5x2xx

      Delete