GAPEKA?

 Kali ini saya akan mengulas secara singkat mengenai GAPEKA. Apa itu GAPEKA? GAPEKA adalah kata-kata yang diungkapkan perempuan akibat laki-laki tidak memahami kode yang ia berikan #plak, eh salah.... GAPEKA adalah singkatan dari Grafik Perjalanan Kereta Api. GAPEKA sendiri adalah peraturan perjalanan KA yang utama. GAPEKA berbentuk grafik yang tercetak di kertas ukuran besar yang biasanya dipasang di ruang PPKA di stasiun. GAPEKA berisi informasi seputar waktu KA melintas stasiun, lengkap dengan informasi persilangan/penyusulan. GAPEKA biasanya dibagi menjadi 8 grid vertikal yang menunjukkan pembagian waktu menjadi 8 jam. Namun di beberapa lintas, bisa dibagi menjadi 4 grid atau 8 grid lebih, menyesuaikan kepadatan lintasnya. Grid horizontal jumlahnya menyesuaikan jumlah stasiun/perhentian di lintas.

First look of GAPEKA... Kali ini contohnya GAPEKA 2001. Koleksinya Mas Bima Budi Satria.
  GAPEKA dibuat oleh tim dari PT KAI dan disahkan oleh Direktorat Jenderal Kereta Api. KA yang tercantum di GAPEKA hanya KA Reguler dan KA Fakultatif. Untuk PLB (Perjalanan Luar Biasa), biasanya diatur melalui MALKA, sementara KLB (Kereta Luar Biasa) biasanya diatur melalui Telegram Dinas. GAPEKA menjadi pedoman untuk pelaksanaan persilangan/penyusulan. Jika semisal persilangan tidak terjadi di stasiun yang sudah dijadwalkan karena suatu hal, PPKA akan memberikan lembar PTP (Pemindahan Tempat Persilangan) kepada Kondektur dan Masinis. Pemindahan persilangan diatur oleh PK (Pusat Kendali). 

Detailnya.... Koleksi Mas Bima Budi Satria.

Detailnya (2), kali ini kepadatan KA tidak terlalu padat jika dibandingkan dengan Grafik sebelumnya. Koleksi Mas Bima Budi Satria.
  Dahulu, GAPEKA digambar secara manual. Sekarang, GAPEKA digambar menggunakan komputer.

Potongan GAPEKA 1993. Koleksi Mas Bima Budi Satria.
 Bagaimana cara membaca GAPEKA? 

 Gimana hayo? :P Pertama, Kita lihat bagian atas dari lembar GAPEKA tsb. Kita lihat masa berlaku GAPEKA, lintas yang ada di lembar, jam yang ada di lembar dan nomor lembar. Setelah itu, kita baca isinya.

Contoh bagian atas lembar GAPEKA. Koleksi Mas Bima Budi Satria

Contoh isi GAPEKA yang berupa garis di dalam grid. Koleksi Mas Bima Budi Satria
KA digambarkan sebagai garis diagonal dalam GAPEKA, arah garis mengikuti arah datangnya KA di lintas tsb, baik dari hilir maupun hulu. Sekarang sebagai contoh, kita ambil grid horizontalnya stasiun GB (Gombong). Angka pada grafik menunjukkan menit datangnya KA. Jika garis berbelok pada grid horizontal suatu stasiun, berarti KA tsb berhenti di stasiun itu. Grid vertikal paling kiri pada gambar jika ditelusur pada lembar utama merujuk pada pukul 22.00, sementara grid vertikan tengah merujuk pukul 23.00 dan grid paling kanan pukul 24.00 . Berarti :

KA 110F datang Gombong 22.24 dan berangkat kembali pukul 22.28 , sementara KA 97 melintas langsung Gombong pukul 22.27.

 Pertemuan garis, jika arah garisnya searah, berarti penyusulan, sementara jika garisnya berlawanan arah berarti persilangan. Namun hal ini tidak berlaku di lintas jalur ganda. Sisanya silakan diterjemahkan sendiri sebagai latihan membaca GAPEKA, hahahaha....

  Sekian dari saya, nantikan topik-topik menarik lainnya hanya di blog ini :P Mohon maaf jika ada kekurangan ^_^

1 comment: